LABKD Fasilitasi Layanan Adminduk

Sekretaris Derah Provinsi NTB Drs. H.L. Gita Ariadi, M.Si (tengah) menjadi narasumber pada Virtual Meeting membuka Kegiatan Inovasi Pelayanan Adminduk dengan Tema “Penguatan Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) di Ruang Rapat Sekda Kamis, (10/12/2020).

LABKD adalah fasilitasi layanan Adminduk dengan menggunakan kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Desa. Sedangkan Adminduk adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan.

Secara umum adapun layanan administrasi kependudukan antara lain meliputi : Layanan Kartu Identitas Anak, Akte Kematian, Akte Kelahiran WNI, Pencatatan Perkawinan WNI, Akte Perkawinan WNI, Akte Perceraian, Layanan Kartu Keluarga, Layanan Perekaman, Penerbitan dan Perubahan Elemen pada KTP El (Kartu Penduduk Elektronik) kemudian Layanan Surat Keterangan Pindah Antar Kab/Kota

Saat itu Sekda mengingatkan Dinas PMPD Dukcapil Provinsi NTB agar bekerja secara maksimal dalam memenuhi data Kependudukan masyarakat Kabupaten/kota.Dengan terpenuhinya data kependudukan lanjut Miq Gite, maka akan sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan berbagai program pembangunan daerah.

“Makin lengkap dan akuratnya data kependudukan yang tersedia, maka akan semakin mudah dan tepat perencanaan pembangunan” jelasnya

#ntbgemilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.