Sebelum Vaksin Skrining Dulu

          Sebagai Syarat Vaksinasi  seluruh ASN dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19 di lingkungan perkantoran, Pemerintah Provinsi NTB melaksanakan skirining atau pemeriksaan kesehatan. Sebelum dilaksanakan di beberapa OPD, skrining ini diawali ASN Lingkup Kantor Gubernur NTB oleh TIM Kesehatan Klinik Setda  NTB dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB (RSUP) di Halaman Parkir Kantor Gubernur NTB hari ini, Senin (01/03/2021)

Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, SP. A, MPH menjelaskan, skrining ini dilaksanakan untuk memastikan kondisi kesehatan masing-masing ASN sebelum divaksin.

“Sekarang ini kan ada 750 ASN disini, sementara  kita tahu syarat vaksinasi harus sehat kalau kita kerjakan langsung dengan vaksinasi waktunya akan panjang, sementara pendataan ini harus masuk system sehingga kita putuskan, kita skrining dulu”, katanya

Ia menambahkan dari hasil skrining ada beberapa ASN yang kondisinya kurang fit, karena ada gejala hipertensi sehingga harus melaksanakan pengobataan dan beristirahat sampai kondisinya membaik.

“Ternyata tadi ada ASN nggak pernah tensi, setelah dia tadi tensi ternyata tensinya tinggi, setelah ini ibu harus berobat supaya saat vaksinasi tidak melewati batas yang di izinkan, nah ini kesempatan kita jika gula darahnya tinggi kita minta dia berobat sehingga pada saat vaksinasi dia sehat”. jelasnya.

Dijelaskan dr. Eka skrining ini dilaksanakan untuk melengkapi data ASN yang memenuhi syarat dan belum memenuhi syarat untuk divaksin dan dilaksanakan secara bertahap mulai dari Biro Umum kemudian OPD lainnya.

“Jadi pra skrining ini dilakukan selama 5 hari sampai hari jumat sehingga kita juga punya data dan dari situ kita tahu orang-orang yang siap divaksin dan yang kita tunda dulu”, ujarnya

Untuk kelanjutan skrining ke OPD lain, Pemerintah NTB telah melaksankan pelatihan bagi tenaga kesehatan pada perkantoran yang memiliki klinik sehingga bisa membantu TIM Dinas Kesehatan saat melaksnakan tugas.

“Beberapa instansi veritkal yang punya klinik sudah kita latih dirumah sakit provinsi, kenapa kita dahulukan yang punya klinik karena mereka bisa bantu kita mereka sudah dilatih duluan di Rumah Sakit Provinsi sebelum mereka mengerjakan ini’’ pungkasnya

#newnormal

#ntbgemilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.