Rapat Panitia Daerah Pelaksanaan Event Nasional dan Internasional Word Superbike 2021 dan Moto GP 2022

Berdasarkan Hasil Rapat di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Provinsi NTB yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Provinsi NTB Drs H. L. Gita Ariadi, M.Si pada Rabu (03/11/2021)
Pemerintah Provinsi NTB telah membentuk Panitia Daerah pelaksanaan event Nasional dan Internasional Word Superbike dan Moto GP 2021 melalui Keputusan Gubernur Nomor 426-3-621 tahun 2021.

Beberapa hal disampaikan pada rapat tentang persiapan Panitia antara lain :

Berdasarkan Informasi dari pihak MGPA: sebelum bertanding para pembalap terlebih dahulu melaksanakan inspeksi sirkuit yg biasanya dilakukan dengan berjalan kaki (pengenalan sirkuit) bersama dorna.

Terkait TIM Medis Kadis Kesehatan NTB menjelaskan pembagian tugas Tim medis terbagi menjadi tiga bagian yakni Tim Medis Balap, Penonton dan Tim Medis penonton diluar sirkuit. Untuk memaksimalkan pelayanan medis pemerintah telah menyiapkan tiga Rumah Sakit berdasarkan arahan dari pusat untuk rujukan disekitar Lombok yakni Rumah Sakit Sanglah dan Rumah Sakit Surabaya kemudian akan disiapkan tempat rapid pada pintu masuk area sirkuit. Dengan alur rujukan bila ada kasus positif saat rapid yaitu akan diisolasi pada wilayah kab/kota terdekat dan RS rujukan. Target sebelum WSBK 75% vaksin I dan 50% dosis II.

Sedangkan dari pihak Direktur RSUD menambahkan point penting sector medical. Belum ada regulasi SOP terkait pembalap dan crew yg datang apakah di karantina atau ada treatment khusus. Konecting peduli lindungi yang menjadi syarat utama berkaitan dengan data vaksin dan Rapid. Tanggal 9 simulasi penanganan korban kecelakaan baik pembalap maupun penonton. Penyiapan medical center khusus penonton. RSUP hanya untuk rujukan rider, untuk RS kab/kota bisa digunakan untuk rujukan crew dan penonton. Pemprov telah menyiapkan 325 nakes yang tebagi menjadi 2 lokasi yaitu venue dan di RS. Usul saran agara wisma tambora dapat digunakan untuk isoter.

Kepala Dinas PU PR NTB menyampaikan ada 2 hal penting dalam event ini yaitu Protocol kesehatan dan Keamanan. Dorna bertanggung jawab mutlak pada area sirkuit. ITDC diharapkan bekerjasama kepada pemda terkait hal-hal yang kiranya tidak bisa diselesaikan pihak ITDC dan terkait Persoalan transportasi yang mengatur alur datang dan pulang penonton yang berjumlah ribuan.

Pada kesempatan itu GM Angkasa Pura menyampaikan bahwa BIZAM, secara infrastruktur sudah siap untuk menampung pesawat type boing 777 dan akan dilaksanakan beberapa hal yakni pada 5 november simulasi udara, 6 november simulasi bongkar muat logistic. 6 simulasi 40 truck keluar masuk jalur cargo. Tambahan 18 sd 22 tambahan akomodasi dari Dishub untuk ditempatkan pada bandara.

Kakanwil Kemenkum Ham juga menyatakan siap mendukung event ini, sedangkan terkait keamanan pihak Dorna akan berkolaborasi dengan polantas setempat untuk pengamanan didalam sirkuit maupun diluar area sirkuit. Disiapkan 350 pengaman internal untuk pengamanan pada area sirkuit namun didampingi oleh polisi. Antisipasi pengamanan tamu VIP bantuan dari Kodam Udayana

Dalam hal keuangan BI menyiapkan 10 bank yg akan berpartisipasi menyediakan ATM dikawasan DSP Mandalika. 347 tris/kris.  8 unit kendaraan cash untuk transaksi.

Kepala Bea Cukai Mataram menyampaikan bahwa pemeriksaan bongkar muat pada tanggal 8/9 November akan dilakukan di sirkuit yang kurang lebih sebanyak 20 truck container.

silahkan download dan klik SK dibawah ini

SK PANITIA WSBK 2021 DAN MOTO GP 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *