Welcome to Biro Umum NTB Official Website

(0370) 622373

Berita

Jumat Salam Biro Umum Setda NTB Kunjungi Desa Lajut

Kegiatan Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat (Jumat Salam) Pemprov  NTB berlanjut di tahun 2024. Pada Jumat Salam putaran ke-11 sekaligus yang kedua di tahun 2024 ini, Tim Biro Umum Setda Provinsi NTB bersama dengan Tim Biro Adpim, mengunjungi Desa Lajut, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat 26 Januari 2024.

Pada kunjungan ini Biro Umum dipimpin Kabag Keuangan dan Aset Setda NTB Athar, S.IP. Sedangkan Tim Biro Adpim Setda NTB dipimpin langsung Kepala Biro Adpim  Bapak Khairul Akbar.  

Mengawali diskusi, Kepala Biro Adpim Setda NTB menjelaskan selain untuk menyerap permasalahan masyarakat, sesuai arahan Penjabat (Pj)  Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si.,Tim Jumat Salam juga ditugaskan untuk memantau pencapaian program strategis nasional yang menjadi arahan pemerintah pusat dan daerah, selain itu TIM juga memberikan arahan kepada masyarakat desa agar tetap menjaga stabilitas keamanan menjelang pemilu dan Pilkada.

Pada kesempatan itu ,Kepala Desa Lajut Bapak Suryaningrat, S.H. menjelaskan bahwa Desa Lajut memiliki luas wilayah 10.254.338 M2 dan berbatasan dengan Desa Batu Nyale di sebelah Utara, Desa Kawo di sebelah Selatan, Desa Pejanggik di sebelah Timur dan Kelurahan Sasake di sebelah barat.

Kades menyampaikan beberapa permasalahan yang perlu dicarikan solusi antara lain adalah masih ada masyarakat penerima PKH yang tidak tepat sasaran, masalah air  yang tidak mencukupi terutama untuk kebutuhan pertanian dan yang terakhir adalah masalah stunting dan gizi buruk berdasarkan data tahun 2021-2023 yang disampaikan kader Desa Lajut, balita termasuk stunting usia 0-5 tahun sebanyak 87 balita dengan rincian gizi baik 74, gizi kurang 7, gizi lebih 5 dan gizi buruk  1 balita.

Merspon permasalahan bantuan PKH yang tak tepat sasaran TIM Jumat Salam mengarahkan pihak desa agar melengkapi data penerima PKH lengkap, selain membuat berita acara agar bisa dikoordinasikan ke dinas terkait di tingkat Kabupaten dan Provinsi. Sedangkan masalah air, TIM Jumat Salam menyampaiakan agar pihak desa mengkoordinasikan dengan Dinas Pertanian dan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara Barat.

Menanggapi masalah gizi buruk TIM Jumat Salam Biro  Umum dan Biro Adpim Setda NTB menyampaikan agar memaksimalkan pemanfaat dana desa untuk program posyandu, terkait hal ini TIM Jumat Salam juga memberikan bantuan  telur ayam sejumlah (11tray) yang diperuntukkan bagi balita stunting di Desa Lajut.