Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PROFIL SINGKAT

Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi. Undang-Undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik di mana setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, akurat, mudah dan berkualitas.

Oleh karena itu, untuk melaksanakan pelayanan informasi maka dibentuklah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggung jawab memberikan pelayanan informasi yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, dan penyediaan pelayanan serta pengumuman informasi publik

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat terbentuk sejak tahun 2020 melalui Surat Keputusan Kepala Biro Umum Nomor 23 Tahun 2020 tentang Penetapan Nama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)/ Pengelola Website pada Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi NTB.